Selasa, 15 Desember 2009

KRITERIA MENENTUKAN KARYAWAN

Kriteria Menentukan Karyawan untuk menjalankan bisnis salon kecantikan Anda :
1. Analisa : Anda harus menganalisa terlebih dahulu breakdown dari strategi bisnis salon ANda. Misal, jika anda ingin mengedepankan pelayanan terbaik, maka harus mencari karyawan yang memiliki hubungan personal baik, sehingga pelanggan kerasan ketika sedang mendapatkan perawatan. Karyawan dengan hubungan personal baik akan pintar mengajak ngobrol pelanggan, bahkan ditengah obrolannya dia bisa menawarkan semua produk salon anda.

2. Secara obyektif kepribadian kandidat calon karyawan : lakukan micro service, yaitu meminta calon karyawan untuk memberikan jasa perawatan pada ANda seolah anda adalah pelanggan sesungguhnya. Dari situ Anda bisa menguji sampai dimana kemampuan dia.

3. Kemampuan (pengetahuan, keimanan, keterampilan, sikap ; disesuaikan dengan kebutuhan tiap divisi) : tujuan dari poin ini adalah untuk mengetahui terutama kejujuran karyawan, karena tentunya tidak bisa selamanya anda akan menemani mereka di salon, sehingga ketika anda tidak ada disekitar mereka, karyawan tetap bisa profesional dan bekerja sesuai dengan tugasnya.

4. Komunikasi : Bagaimana karyawan bisa berkomunikasi dengan seluruh stake holder bisnis salon kecantikan anda. Komunikasi bukan hanya baik dalam personality, tetapi juga bagaimana dia bisa mengkomunikasikan produk salon anda pada pelanggan. Seringkali promosi, brosur atau apapun penjelasan tentang salon tidak bisa dimengerti atau bahkan mungkin tidak ingin dimengerti, tetapi jika karyawan mampu mengkomunikasikannya pada pelanggan, maka produk itu akan bisa terjual.
Tentunya hal ini akan tercapai jika karyawan memiliki loyalitas pada bisnis salon Anda.

5. Pelayanan (Service): Pelayanan adalah modal utama sebuah bisnis jasa terutama salon kecantikan. Untuk sebab itu, Anda harus bisa mencari calon karyawan yang mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Tidak hanya bagus kerjaannya, tetapi juga karyawan yang mau memberikan lebih kepada pelanggan. Banyak karyawan yang menjalankan tugas terlalu saklek terhadap aturan. Kalau bisa karyawan mampu dan mau memberikan lebih, misal untuk massase yang biasanya 5 menit, maka demi pelayanan yang baik dia "ikhlas" memberikan lebih, walaupun mungkin perusahaan tidak memberikan jasa atas kelebihan yang diberikannya. TEtapi perlu dijelaskan bahwa anda akan memberikan bonus kepada karyawan yagn memiliki banyak pelanggan, yaitu jika pelanggan hanya mau ditangani oleh karyawan tersebut.

6. Profesionalisme : Tekankan bahwa Anda tidak bisa selamanya memantau mereka, untuk sebab itu akan selalu ada Reward & Punishment. Jika perlu Anda harus menambahkan kamera CCTV, untuk memantau kinerja mereka.(Mater ini di susun oleh : www.alatnbahansalon.blogspot.com, suplier alat dan bahan kecantikan dan kesehatan, melayani pengadaan seluruh Indonesia, 082142883473   08179330954)

7. Sikap mau berkembang dan mau belajar : Sikap ini bisa ditunjukkan oleh rasa ingin tahu yang besar. Jika karyawan bertanya itu sebuah potensi untuk dia berkembang. Jika anda tidak bisa memberikan jawaban atas semua pertanyaan mereka, anda bisa menjanjikan untuk mengikutsertakan mereka pada setiap event seminar, training, workshop dll tentang salon kecantikan.

8. Kedisiplinan : Tepat waktu adalah awal bukti kedisiplinan seseorang. ANda harus menyediakan daftar presensi atau daftar kehadiran, jika ada mungkin check clock.

9. Inisiatif dan inovatif : carilah karyawan yang mampu memiliki inisitif dan inovatif. karyawan dengan inisiatif dan inovatif, dia akan memberikan pembenahan bagi usaha anda. Pembenahan paling banyak sebenarnya datang dari karyawan atas apa yang mereka rasakan selama interaksi dengan pelanggan.


Semoga Anda bisa mendaptakan karyawan terbaik.

Daftar Jadi Member dapat info tentang SALON

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner