Ada satu hal yang membutuhkan energi besar untuk menjalankan sebuah bisnis yaitu MEMULAINYA.
Memulai sebuah bisnis SALON KECANTIKAN bagi yang belum pernah menjalankannya mungkin cukup rumit. Seringkali para konsumen merasa cukup memahami detail usaha salon kecantikan hingga merasa percaya diri untuk membuka bisnis ini, tetapi sebenarnya mereka hanya uforia belaka.
Karena melihat kerumitan inilah maka kemudian banyak orang yang mengambil jalan instan dengan cara memulai bisnis salon kecantikan dari salon kecantikan lain yang sudah jalan, alias frenchise. Ada banyak salon kecantikan yang menjual frenchise seperti Salon Rudi, My Salon, Natasha,dll.
Apa kelebihan dari memulai usaha salon kecantikan dengan cara frenchise :
1. Tidak membutuhkan tenaga dan pikiran besar tentang "bagaimana memulai usaha"
Seperti disebutkan diatas, memulai usaha membutuhkan detail planning yang komplit. Bagi pemula seringkali hal ini membuat pusing dan akhirnya menggagalkan rencana bisnis yang sudah didepan mata. Dengan adanya frenchise, semua kebutuhan mulai dari alat, bahan dan tenaga kerja mungkin sudah ada solusinya, yang penting punya uang.
2. Sistem sudah berjalan
Sebuah bisnis yang bagus dan esteblish adalah bisnis dengan sistem yang sudah bisa berjalan dengan baik. Sistem layaknya robot yang tahu apa saja proses jam demi jam, hari ke hari, bahkan dari tahun ke tahun dalam bisnis salon. Sehingga dengan adanya sistem ini, siapapun yang menjalankan usaha, ditinggal kemanapun usahanya akan tetap bisa jalan. Bahkan diwariskan kepada siapapun tetap bisa jalan dan menguntungkan.
3. Tidak berat dalam proses Brand Positioning
Untuk mengenalkan nama sebuah bisnis kepada konsumen membutuhkan energi tersendiri. Dan ini membutuhkan aneka macam strategi marketing agar bisa membuat konsumen memilih datang ke Salon kita, bukan ke salon orang lain. Bayangkan saja, diantara banyaknya salon kecantikan yang bertebaran, apa kira-kira alasan seseorang untuk mau datang ke salon Anda. Coba Anda pikirkan sendiri.
Lalu bagaimana memilih Frenchise yang baik :
1. Baca dulu aturan pakai ; Sebelum memilih Frenchise, Anda harus mengetahui betul aturan main yang ditawarkan oleh pihak Frenchisor (Penjual Frenchise). Tanyakan setiap detail poin kerjasama yang diajukan, walaupun mungkin Anda sudah paham. Jangan sampai terjadi konflik di kemudian hari, hanya karena pemahaman terhadap isi Perjanjian Kerjasama, layaknya Belanda dalam perundingan Linggajati. Karena sudah banyak sekali perjanjian Frenchise yang amburadul, dan saling serang antara Frenchisor dengan Frenchisee (Pembeli Bisnis Frenchise). Kalau sudah begini, alih alih dapat uang dongkol, jengkel dan sebel sudah pasti. ( disusun oleh www.alatnbahansalon.blogspot.com, suplier alat dan bahan kecantikan dan kesehatan, hubungi : 0896.7593.7170)
2. Jangan terpesona dengan rekam marketingnya; Anda pernah dengar tidak, ada usaha jual gorengan dengan omzet 2M sebulan dan outlet sebanyak 1000 dengan tempat hampir di seluruh propinsi di INdonesia? Jangan terpesona dengan 2M nya atau outletnya yang sebanyak ribuan. Frenchise juga harus kita lihat dari hitung-hitungan uangnya. Karena kita bicara bisnis berarti kita bicara uang, keuntungan, laba, rugi, dan omzet.
Sekarang coba kita hitung, dengan omzet 2M dan outlet sebanyak 1000 maka kita bisa tahu rata-rata omzet tiap outlet adalah Rp.2.000.000 per bulan. Apakah 2 juta itu banyak? Jika 2 juta kita bagi 30 hari dalam sebulan atau 25 hari dalam sebulan maka omzet harian tiap outlet adalah Rp.80.000. Jadi tiap outlet dalam sehari mampu menjual sebanyak 80.000, dari nilai 80ribu itu harus kita bagi juga dengan gaji karyawan, keuntungan, serta biaya operasional lainnya.
Anda bisa bayangkan sendiri bahwa frenchise ini sebenarnya tidak memberikan keutungan yang besar. Nah, informasi semacam inilah yang seharusnya bisa Anda dapatkan dari Frenchisor.
3. Memiliki Brand Positioning Yang Kuat; Sebenarnya apa yang menjadi alasan orang membeli Frenchise adalah karena Brand Positioning. Jika Anda membeli Frenchise kepada Frenchisor Salon Kecantikan yang tidak terkenal, lalu buat apa. Bukan Anda yang memanfaatkan keberadaan frenchise tapi justru anda yang dimanfaatkan oleh frenchise untuk membesarkan perusahaannya. Karena di Indonesia ini, sebagian besar usaha frenchise masih melihat bahwa mereka melakukan frenchise adalah untuk menarik keuntungan yang lebih besar dengan tanpa melihat apakah usaha yang mereka jalankan sendiri juga besar. Misalnya ada salon A menjual frenchise salonnya kepada 10 orang, maka salon A berharap dia bisa tanpa kerja keras survive dari memanfaatkan upeti para frenchisee. Sedangkan usaha salon yang dia kerjakan sendiri ternyata tidak ketahuan ujung pangkalnya.
Brand Positioning yang kuat adalah ganti dari anda membeli dengan harga mahal kepada frenchisor, sehingga tanpa melakukan strategi marketing yang signifikan, konsumen sudah datang sendiri. Kenapa konsumen datang? Mereka datang karena menganggap bahwa apa yang mereka dapatkan dari salon A di SUrabaya dengan di Medan, Manokwari, atau di Denpasar adalah SAMA.
4. Pertimbangkan Dana; Ada uang ada Barang. Jika Anda mengeluarkan uang sedikit pasti akan berbeda kualitasnya dengan ketika mengeluarkan uang banyak. Jadi, jika Anda mengeluarkan dana sedikit maka pasti butuh perbaikan disana sini untuk membuat usaha Anda lancar, tetapi bukan berarti ketika mengeluarkan dana besar maka Anda tidak perlu bekerja keras. Semua nanti akan kembali ke Frenchisor salon Anda.
5. Bandingkan dan Survey; Akan sangat baik jika Anda membandingkan produk antara frenchise satu dengan frenchise yang lainnya. Dan sangat perlu juga Anda menanyakan pada pemilik yang membeli frenchise tersebut. Dari dia, Anda bisa menanyakan semua kebaikan dan kelemahan frenchisor salon tersebut.
CV.CITRA UTAMA SENTOSA, Suplier Salon,Spa,Skin Care Terpercaya,Melayani Pengiriman Seluruh Indonesia. Pemesanan email ke alatsalon@gmail.com hubungi 089675937170 (WA on) FB. BISNIS SALON KECANTIKAN IG : @arsnow1438 Shopee: citra _utama _s DISPLAY/TOKO : DTC lantai 3 Blok A no 46-47 Surabaya.Buka tiap hari:10.00-17.00WIB (Tidak semua produk kami tampilkan di web ini)
Rabu, 22 Oktober 2008
BARBER CHAIR
Barber Chair Type (BC.001)
Harga Rp.270.000
Barber Chair (Type BC.002)
Harga Rp.550.000
Barber Chair (Type BC.003)
Harga Rp.2.500.000
Kualitas Import
Spesifikasi : Bisa berputar 360 derajat, Bisa naik dan Turun, sandaran bisa ditidurkan
Barber Chair (Type BC.004)
Harga Rp.1.600.000
Kualitas Import
Spesifikasi : bisa berputar 350 derajat, bisa naik dan turun.
Pemesanan silakan hubungi :
PUSAT GROSIR ALAT & BAHAN SALON
Jl. Tenggilis Tengah I blok Q 9 Surabaya
Telp. 031 71083956
HP. 08179330954
Fax. 031 8414419
email. alatsalon@gmail.com
Langganan:
Postingan (Atom)